Rabu, 11 Januari 2012

MOTIVASI

BAHAGIA ITU PILIHAN


    Bahagia itu sebuah pilihan. Mengapa ini menjadi pilihan? Dalam hidup kita tentunya tidak lepas dari yang namanya ujian hidup dan dalam menghadapi ujian itu tentunya akan melibatkan yang namanya perasaan dalam hati, rasa itu bisa berupa bahagia bisa juga kegalauan.
     Umumnya bagi sebagian orang, ketika mereka mendapatkan ujian berupa kebahagiaan pasti mereka akan merasa bahagia dalam hatinya dan ketika mereka mendapat ujian berupa kesusahan mereka akan merasakan galau dalam hatinya.


Lantas mengapa bahagia menjadi sebuah pilihan ?

Mari kita ambil sebuah contoh.
   Pertama bagi anda-anda yang berpenghasilan pas-pasan, tentunya ditanggal-tanggal setengah tua biasanya anda mengalami problem klasik yaitu  uang didompet anda sudah mulai menipis sementara tanggal gajian masih jauh dari hitungan hari. Apa yang anda rasakan ketika anda dalam kondisi yang seperti ini? Apakah anda tetap bahagia atau merasa gelisah. Pertanyaannya, ketika anda merasa galau apakah uang akan tiba-tiba ada di dompet anda? tentu jawabnya tidak. Bagaimana dengan sebaliknya, ketika anda merasa bahagia, apakah uang akan tiba-tiba ada didompet anda atau mungkin akan ada orang yang tiba-tiba mentransfer uang ke rekening anda? tentu jawabnya juga tidak.
    Contoh yang kedua, bagi anda-anda yang diberi kelapangan rejeki, di akhir pekan biasanya anda mengadakan yang namanya liburan keluarga. Tentunya liburan ini bertujuan untuk menghilangkan kepenatan anda setelah bekerja selama seminggu dan tujuan lainnya adalah anda ingin membahagiakan keluarga anda.
Mungkin anda pernah mengalami hal ini. Disaat anda sudah merencanakan sebuah liburan keluarga, anda sudah mempersiapkan segalanya, anda sudah selesai mandi, berpakaian, menyiapkan bekal, dan menyiapkan kendaraan, tiba-tiba anda mendapatkan suami, istri, atau bahkan anak anda ternyata belum bersiap-siap entah itu karena masih sibuk bermain, belum mandi, atau masih sibuk berdandan sementara hari sudah mulai siang. Lantas apa yang anda rasakan? apakah anda tetap merasa tenang atau anda merasa kesal dan ingin marah-marah. Jika anda merasa kesal dan marah-marah, hal ini akan merusak suasana hati anda dan merubah tujuan anda dari yang tadinya ingin menghilangkan kepenatan dan membahagiakan keluarga anda malah menjadi bertambah penat dan menyakiti keluarga anda.

    So...inilah mengapa bahagia adalah sebuah pilihan. Karena ketika anda merasa galau, anda akan mendapatkan kegelisahan dalam hati, ketika anda gelisah dalam hati anda akan mendapatkan kekalutan dalam berpikir, dan ketika anda kalut dalam berpikir anda akan mendapatkan tindakan yang tidak terkontrol.
Bandingkan ketika anda merasa bahagia, ketika anda bahagia, anda akan mendapatkan yang namanya ketenangan dalam hati, ketika hati anda tenang anda akan mendapatkan ketenangan dalam berpikir, ketika anda tenang dalam berpikir maka anda akan mendapatkan ketepatan dalam bertindak.

    Segalanya memang butuh uang tapi uang bukan segala-galanya. Dengan uang anda bisa membeli obat tapi tidak bisa membeli sehat, dengan uang anda bisa membeli bermacam jenis makanan tetapi tidak bisa membeli yang namanya selera makan, dengan uang anda bisa membeli kasur empuk tapi tidak bisa membeli kenyamanan tidur, dan dengan uang andan bisa membeli rumah mewah sekalipun tapi tidak bisa membeli yang namanya home sweet home.

      Untuk itu, awali hari anda dengan rasa bahagia, jalani hari anda dengan bahagia apapun itu kondisinya, pulang anda kerumah dengan membawa kebahagiaan itu, dan tutuplah hari anda dengan bahagia bersama dengan orang-orang yang membahagiakan. InsyaAllah anda akan menjadi orang yang bahagia dan akan mendapatkan lingkungan yang membahagiakan anda baik itu di rumah, di tempat kerja, atau dlingkungan masyarakat anda karena Bahagia bukan sekedar rahmat dari Allah SWT melainkan sebuah pilihan yang menentukan kesuksesan kita.


3 Hal Terlarang Agar Kita Menjadi Seorang Yang Sukses
  •  Jangan pernah mengatakan tidak mungkin, karena ini akan menutup segala usaha kita untuk mengoptimalkan potensi yang telah diberikan oleh Allah SWT kepada kita dan ini sama artinya kita tidak percaya dengan yang namanya keajaiban Allah SWT.
  • Jangan pernah berkata saya sudah tahu, karena ini akan menutup diri kita dari ilmu-ilmu baru yang belum kita ketahui.
  • Jangan pernah berkata tidak bisa karena ini aberarti kita menyerah sebelum bertanding.
3 Hal Yang Dianjurkan Agar Kita Menjadi Seorang Yang Sukses
  • Pergunakan waktu sebaik mungkin, jangan pernah menunda untuk melakukan sesuatu.
  • Banyak-banyaklah belajar dari orang yang berpengalaman
  • Jangan pernah puas untuk belajar dan terus berusaha menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain. Karena ilmu yang bermanfaat akan menerangi jalan hidup anda dan sebaik-baik manusia adalah manusia yang berguna bagi manusia yang lainnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar